Wednesday, December 14, 2011

Gulai Tempuyak Khas Bengkulu

Gulai Tempuyak

Nama masakan ini masih sangat asing di telinga penikmat kuliner, tapi sangat tidak asing bagi masyarakat di Bengkulu. Masakan ini sudah diwariskan turun-temurun dan masih terjaga kerahasiaan resep peracikannya.

Masakan yang satu ini memang tergolong masakan unik dan mungkin tidak ditemui di daerah lain. Dari namanya saja terkesan aneh dan kesedapan rasanya pun belum terlalu akrab di lidah para penikmat masakan. Tempuyak merupakan masakan khas Bengkulu yang berasal dari buah durian, diolah sedemikian rupa melalui proses permentasi. Tempuyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi.

Tempuyak memang menjadi masakan yang pasti ada di keluarga Bengkulu, karena tidak lengkap apabila kita tidak memasak tempuyak untuk makan siang atau malam ketika musim durian tiba. Sambal tempuyak Bengkulu memiliki rasa yang unik dan merupakan salah satu masakan khas bengkulu yang dimasak dengan  selera pedas atau agak pedas.
 
Biasanya tempuyak dimasak menggunakan tambahan  ikan laut atau ikan sungai yang masih segar atau bisa juga dicampur dengan udang. Tetapi jangan khawatir bila anda yang tidak suka dengan ikan atau udang, cukup tempuyak dan dicampur cabe serta garam dapur, masakan khas Bengkulu ini sudah sangat nikmat. Lebih nikmat lagi, gulai tempuyak disantap bersama nasi putih yang ditemani lalap pucuk ubi rebus. Panas-panas nikmat.

No comments:

Post a Comment