Wednesday, December 14, 2011

Ikan Pais dan Bagar Hiu Masakan Favorit Bung Karno


Ikan Pais khas Bengkulu
Bung Karno? Nama ini sudah tidak asing lagi bagi orang Bengkulu, kalau seandainya ditanyakan kepada orang Bengkulu siapa Bung Karno, pastilah jawaban yang didapati ada beberapa versi, yang pertama, akan dijawab Bung Karno adalah Presiden Pertama Republik Indonesia, kedua, Pak Karno itu punya istri orang Bengkulu yang namanya Fatmawati, ketiga, Bung Karno itu yang mendesain arsitektur Masjid Jamik, keempat, Pak Karno itu tokoh perjuangan yang pernah diasingkan di Bengkulu, kelima, Bung Karno itu Presiden RI yang makanan favoritnya Ikan Pais dan Bagar Hiu.

Jawaban kelima memang terkesan mengada-ada tetapi itulah sepenggal cerita yang tertulis di secarik kertas pada daun pintu lemari tua di bagian belakang rumah kediaman Bung Karno di Bengkulu. Lemari tua itu sudah menyimpan berjuta kenangan manis bersama Bung Karno.


Cerita ini diyakini akan kebenarannya, selain lemari tua sebagai saksi, petugas di rumah bersejarah tersebut pun mengamini kedua makanan tersebut memang menjadi makanan favorit Bung Karno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu sejak 1938 hingga 1942.

Apalagi kekasih hati Bung Karno, si cantik hati dari Bengkulu, Fatmawati, sangat lihai dan pandai memasak. Hampir setiap hari gadis ini rajin mengantar makanan ke rumah Bung Karno. Ikan Pais dan Bagar Hiu adalah dua menu masakan yang selalu dirindukan oleh Bung Karno. Kelihaian Fatmawati muda dalam memasak ternyata menjadi salah satu pemikat hati Bung Karno, selain memang Fatmawati punya paras yang cantik dan berbudi pekerti baik.

Empat tahun di Bengkulu, rasanya cukup waktu untuk lidah seorang Bung Karno beradaptasi dengan makanan khas lokal Bengkulu yang berciri khas santan kelapa sebagai salah satu bahan baku utamanya dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas, aneka bumbu-bumbu dasar lainnya, melengkapi cita rasa makanan ini.

Tapi sayang, masakan khas ini hampir punah tergerus oleh kebiasaan kita mengkonsumsi makanan siap saji ala Amerika. Perlu kita syukuri bahwa masih ada pebisnis restoran yang tertarik menyajikan menu utamanya adalah masakan-masakan khas asli Bengkulu.(hen)

No comments:

Post a Comment